15 September 2008

SAVE our ANGKRINGAN

Meski tengah ngangsu kawruh di kotanya Pak Jokowi(Solo), namun jiwa saya masih wong Jogja tulen. Untuk itulah saya membikin postingan tentang Jogja ini. Tidak bisa dipungkiri dan dihindari kalo jaman semakin maju, teknologi berkembang pesat, dan arus informasi mengalir deras bak air kencing yang disiram di kloset. Dunia internet semakin mengukuhkan keberadaannya ditengah masyarakat sebagi penyedia utama informasi, ditambah lagi dengan boomingnya laptop, yang memiliki fasilitas koneksi internet nirkabel(wifi), maka keberadaan koneksi internet sekarang ini sudah seperti kacang goreng ditengah-tengah pertunjukan wayang kulit.


Jogja, sebagaimana kita ketahui dan kita rasakan bersama, merupakan surga para mahasiswa. Mahasiswa sebagai agen of change ditengah-tengah masyarakat sudah barang tentu membutuhkan arus informasi yang dapat berjalan seiring dengan dinamika kehidupan mereka. Apalagi kalo bukan internet yang diandalkan. Hampir setiap jengkal sudut kota Jogja sudah dapat ditemui warung internet. Belum lagi sekarang adanya laptop dan hotspot area. Banyak tempat berlomba-lomba memberikan fasilitas ini, mulai dari pusat perbelanjaan, coffe shop, sampai angkringan.


Angkringan, secara tidak langsung sudah mengukuhkan keberadaannya sebagai salah satu ikon kota Jogja. Tidak terhitung banyaknya jumlah gerobak-gerobak angkringan yang ada di seputaran kota Jogja. Orang Jogja selama ini dikenal kreatif dan inovatif, dan mungkin karena itulah akhi-akhir ini muncul konsep angkringan internet. Ya, sebuah tempat makan yang berkonsep angkringan dengan menyediakan fasilitas hotspot buat internetan.


Bagi sampeyan semua yang pernah merasakan Joga pasti sepakat dengan saya kalau alah satu kekuatan yang dimiliki angkringan adalah romantika lungguh jegang, nyruput wedang, sambil ngobrol ngalor ngidul diterangi cahaya dari lampu teplok. Semua yang masih serba tradisional dan konvensional itulah yang merekatkan hubungan antar pengunjung angkringan. Sangat lumrah antar dua orang yang baru sekali bertemu di angkringan terus bisa ngobrol ngalor-ngidul layaknya dua sahabat lama. Lalu bagaimana hal ini akan dapat terjaga kalo sentuhan teknologi sudah mulai turut campur kedalam itu semua. Bayangkan kalo nanti orang pergi ke Angkringan karena hanya mencari koneksi internet saja, sementara orang yang sudah menghadapi laptop dan berselancar di dunia maya pastilah menjadi kurang peduli dengan keadaan sekitar.


Menurut saya kok alangkah lebih nikmat, lebih indah, dan lebih romantis, andaikata konsep sebuah angkringan dipertahankan selayaknya angkringan pada awalnya. Tidak perlu memberi sentuhan teknologi apa-apa, toh yang dicari saat orang pergi ke angkringan juga bukan teknologi itu kan?Saya dulu ketika masih kuliah di Jogja sering banget nongkrong di angkringan bareng kawan-kawan saya. Sekarang setelah saya pindah kuliah di kota sebelah, saya masih saja merindukan saat-saat mas Slamet (angkringan belakang gelanggang UGM) menyapa dengan senyum ramahnya diterangi kerlap kerlip cahaya lampu minyak yang diterpa angin.

Jadi mari kita selamatkan angkringan kita, kalo bukan kita siapa lagi, halahhh....

PS : Angkringan kalo di Solo disebut Hik

* saya nyomot gambar di sini dan di sini yang tentusaja tanpa seijin pemiliknya, hehehe...

28 comments:

mantan kyai said...

mirip konsep warung gresik gitu mungkin yak???
btw kowe wong jogja ta le?? tak kirakno wong gendeng ... hauauahuuauaua *pisssss*

Ndoro Seten said...

wah....
dunia angkringan pancen nyimpan memori tersendiri kang!
tapi ndek njakarta gak ono angkringan je kang!

Anang said...

semoga bisa menjadi warisan budaya anak cucu kita......

ardnirajaf said...

I Love HIK Prau... more than HIK Mr Wiryo

For me, HIK Prau is the best HIK in the world

sulae said...

Lah kalo di bnjarmasin kata lain angkringan apa ya?

Kok kayanya gak ada deh...hehehe

Bayu Aditya said...

bisa kok itu, jogja kan masih kota pelajar, kalo udah gedung semua, makanan jadi mahal2 toh?

tulisanricho said...

di tempat saya jg ada angkringannya lho, wedang jahenya mak nyos. tp mungkin gak setenar di Jogja,,

Dony, cah Sragen said...

Klo internetnya dlm rangka memperkaya bahan diskusi ato obrolan ya malah bagus itu. Tapi kalo dengan adanya internet trus orang2 da wedangan jd asosial itu yg ndak baik. Kayak pas kita ngopi dulu itu lho,saya jagongan sama anak butho,sampeyan malah sibuk BW n chat. Piye kuwi jal? Haha

mascayo said...

duh jadi inget masa di semarang laloe .. sego kucing .. wedang jahe .. nikmat.
tapi jaman terus berubah... lha sopo ngeti nanti angkringan juga menawarkan hotspost area .. wkwkwkwk ..
tapi saya setuju.. ndak pake teknologi dah .. biar tetep sedep

Andri Kusuma Harmaya said...

Lha kuwi jenenge dudu angkringan meneh kang,tp warnet..Iyo,luwih apik yen pengin nongkrong nyang angkringan rasah nggowo laptop barang..Mesakke sing ra duwe..Plonga plongo.. ^^

rogan said...

heheheh mantep tenan mas

vin said...

pancen luwih penak yen jagongan karo nyruput kopi pait...yen disambi internetan mengko malah ora sido jagongan hehehe....

nanging jaman saiki persaingan yo sengit...ben angkringan ora ditinggal dadine yo diwenehi hotspot...mungkin ngono kuwi sing dipikir bakule :D

Farriezt said...

Wah...
dari semua orang di Jogja...
yg blm pernah merasakan namany angkringan, maka niscaya dia tidak pantas disebut orang Jogja...
hehehe...
angkiran, tempat dimana egalite, Fraternite, dan Liberte dijunjung tinggi...
hehehe...

infobertuah said...

kalo dibanding pizza hut asik mana ya?

indonesiadua said...

jadi inget "cita-cita" 5 taon yg lalu gak muluk2 pengen buka angkringan di bali... saking demennya nongkrong hehehe...

abdigusti said...

kalo di tempat saya (bandung) angkringannya canggih, mas.. bisa menerima pesanan via SMS, jadi dianterin gitu. Jadi kalo emang ada orang yg harus ngerjain sesuatu tapi pengin sambil nyruput wedang tetep bisa terakomodasi tanpa harus menghilangkan ciri khas angkringan medang sambil ngobrol

sayurs said...

saya rasa memang lebih baik letopnya di preikke sik yen nang hik, (meski lokasinya disekitar komplek kos mahasiswa) lha wong hik yang berpenerangan lampu listrik ae menurutku wis jauh berkurang "gayeng"e po maneh bar kuwi ditambahi ono sing nunut nge-caz hape or letop, garing!!

ngatini said...

hohoho...rame sekali...saking ramenya, mampir ke tempatku aja gak sempet meninggalkan jejak..how dare u!

Caroline Sutrisno said...

setuju... klo bisa nginet di angkringan jadi ga seruw, mas... secara meja angkringan aja ud penuh gorengan, sate telor puyuh, bakwan, tempe tahu, sate usus (duh, jadi laper...:P) belom lagi ceretnya...

lom pernah nyoba angkringan di belakang gelanggang UGM. biasanya makan angkringan yang di deresan (deket kanisius)... sayurnya dan gorengannya masih anget2... fresh from the wajan! hehehe...

aryodiponegoro said...

angkringan kuwi eksotis yo...

Arif Rahmat Basuki said...

wah..setuju brur.menututku rapat kabinet dan rapat DPR perlu sekali-kali dipindah neng HIK ngisor prau STSI atau HIk gerok ato pak brewok, supaya pada tahu artinya egaliter dalam berpendapat..ha2

kyai slamet said...

sayang ada satu yang gak cocok sama angkringan.
kopinya itu lho kurang manteb... lha kopi kok dibikin di gelas teh yang gedhe.... mana encer lagi
:D
tapi jan ngangeni....

yoppi said...

weleh....jadi inget masa2 sma dulu....sering nongkrong malem2 di angkringan....hehehe....

wawanwae said...

kalo ke jogja yg saya cari pertama kali ya angkringn. dulu langganan saya pak gundul deket selokan UGM

Apipuzi said...

Save our HIK!

afie said...

paling seneng makan di angkringan..istri saya juga...

ala said...

kangen HIK nih...hiks...

clokkluch said...

Hahahaaaa....boleh jugag pak lek,angkringan ku tetep tradisional ajalahhh.biar khas jogja bgtt
angkringan clokkluch(klaten) :D
suwunn....:)

 
;