17 February 2009

Jangan Takut kelaparan di Solo


Solo sebagai surga wisata kuliner, semua orang juga sudah paham. Gudeg ceker, Sego Liwet, Bestik Harjo, Tengkleng Klewer, Soto Triwindu, Timlo Sastro, Serabi Notosuman adalah sederet ujung tombak wisata kuliner di Solo, yang sekarang semua bisa sampeyan jumpai di satu tempat pusat jajanan anyar bertajuk GALABO. Belum lagi dengan hik-hik (wedangan) yang bertebaran, yang masing-masing beradu ciri khas rasa tehnya masing-masing. Sekedar informasi aja kalo wedangan di Solo itu bakal rame banyak pengunjungnya asal tehnya enak, soal makanan sih nomer dua.

Saya sebenernya nggunem soal ini ada maksud terselubung. Saya cuma pengen nanti tamu-tamu yang bakal sowan ke Solo dalam rangka launching komunitas blogger Bengawan tidak khawatir dengan keamanan perut masing-masing. Intinya yo jangan takut kelaparan waelah pas di Solo. Selain itu harganya juga sangat bisa berkompromi dan dari siang sampe malem tetep aja banyak pilihannya. Sebagai contoh aja, ketika perut berontak minta diisi jam 1 malem, dengan uang 5 ribu rupiah saja saya sudah bisa makan kenyang dengan menu gudeg plus telor seperti foto ilustrasi diatas. Mau yang lebih ekstrim lagi, jam 3 dini hari saya masih bisa menikmati lezatnya sego liwet dengan lauk telor dan suwiran daging ayam plus teh anget dengan modal 7 ribu rupiah aja. Itu hanya sebagian kecil contoh saja makanan pengganjal perut yang menurut saya eksotis dan layak digunemkan di sini. Kalo yang laen semacem restoran padang, coffeshop yang buka 24 jam sih dimana-mana juga ada, ya to??

Jadi sekali lagi, buat blogger-blogger yang udah berniat untuk ikut berbagi keceriaan dan kebahagiaan dalam launching komunitas blogger Solo Bengawan nanti, jangan takut kelaparan, dan gak perlu takut bakal keluar duit banyak untuk urusan perut di Solo. Buat blogger-blogger yang kebetulan tidak bisa ikut berbagi kebahagiaan, mohon doanya aja semog Komunitas Blogger Bengawan ini mampu berbuat banyak bagi kota Solo dan sekitarnya, serta mampu berbicara lebih dalam jagat blogosphere Indonesia.

72 comments:

yumaima said...

Hahahahaha...Solo never dieeeeee

ipanks said...

lha kapan ki paklek arep njajakke aku hehehe...tak tunggu lho paklek

Kancane Tukang Nggunem said...

tapi makan mbayar sendiri mas alias nggak gratis yah mas
aku ...............

novi said...

jadi acaranya nanti makan-makan yachh?!! :')

erwinyustiawan said...

pengen juga mampir solo..:)

fans penggunem said...

bawah perut mudah nggak,... maksute toilet umum... lah pastinya kan kalo kenyang akan terjadi hal-yang mengagetkan perut ya to...
kakakaka....

gajah_pesing said...

alhamdulilah...ditraktir...
matur suwun lo..mas iki pancen apik lo...
rekan-rekan semuanya, mas nggunem ini baik lo.. (teman saia)

Linda Belle said...

nyam nyam nyam
enyak enyak enyak
mau mau mau

BIG SUGENG said...

Mengini tenan.....

Tukang Nggunem said...

@ Yumaima :
yups...Solo never die....

@ Ipanks :
hahahaha...kapan2 wae ya...

@ Pak Totok "genthokelir"
Yah begitulah, maklum kita masih baru...blom ada pemasukan buat njajakke kawan2 semua yang hadir, mungkin acara selanjutnya sudah bisa...hehehehehe

@ Mas Novi :
Mangan2 salah satunya, sing jelas berbagi kebahagiaan dan keceriaan..sekalian reunian lah...

@ Erwinyustiawan :
mampirlah ke Solo...

@ Pakdhe Suryaden :
Tinggal ndodok nang ngisor uwit opo angele..paling musuhe yo mung ulo... hahahaha

@ Gajah_Pesing :
Hajingukk..ojo nyebar hoax kowe cuk..!!!!

@ linda Belle :
hahahaha..

@ Big Sugeng :
Monggo tindak Solo PAk Sugeng...

aRitdoTiJo said...

hmmm. . .makanan tersedia. . .tapi uang tak mendukung. . .hahaha. . .tetep ae kelaparan nek gak duwe duit. . .

Atca said...

waduhh uenakkkk tenannnn yang digambar itu...jadi pengen mudik ...hiks..

nurannisaa7 said...

sampurasun..

wahh potone marai aku napsu..
napsu pengen mangan..
haha:D
mantaappphh!!!

:D

grubik said...

mendadak ngelih...

Apink said...

waahhhh, neh dia yang disebut murah meriah,... cuma susah juga buat saya makan disana, secara dari bekasi ke solonya lunmayan jauh,..he he heeee....

TIARSO HADI SUTANTO said...

kapan lonchinge mas? sopo ngerti pas aku mulih aku pingin melu ki...

hasssan said...

kapan-kapan tak traktis es teh kampulan sendal (lmao)

awie said...

aku ikut boleh nda yah ///////////////// wealahhh trus kerjaan ku mo dikemanakan pengeennnnnnnnnnnnn

sibaho said...

saya pernah hampir terjebak dengan makanan di solo: sate jamu....
kirain apaan, ternyata... :D

Frenavit Putra said...

Wah iki ada tanda-tanda di traktir nech... Wah aku kudu nyoba kabeh menu-muenu kuwi.... Sip..sip... (Dance)

bibicriwis said...

Waah.., ketoke enakki… Jadi m’gundang hasrat u/ mencobanya! Andai P’ wali tahu, pasti bangga + dapat applause kikkikkk…

Numpang saran : menurutku, ketoke photone terlalu kontras deach.. Kalau boleh usul, digelapin dikit ajach mungkin lebih apik hihi..hhi..

Lam maknyus yach..

Rian Adhivira said...

saya pernah ke solo juga mas, makan di city walk-nya disana... tapi agak mahal juga sih mas...

tapi saya lebih jatuh cinta sama jogja daripada solo., hehe



ps: kok potonya vulgar ngono mas ? jadi laper !!!

nona senja said...

seneng aku neng solo, lha maemane murah2 kabeh je...tur kok mall e elik yo hyakakakkaka *mlipir*

tukang Nggunem said...

@ Aritdotijo :
Bener kuwi..ning sak ora2ne isih murah2 lah panganan nang Solo iki..

@ Atca :
Lho asli Solo to sampeyan mbak?

@ Nuranissa :
Monggo disantap...fotonya...hahahaha

@ Grubik ;
Yo buruan mendadak makan wae no..hehehe

@ Apink ;
Ya buat referensi besok kalo sampeyan maen ke Solo aja mas..

@ Tiarso Hadi :
Launching tgl 21 Februari jam 19.00 di Taman Balekambang Solo

@ Hassan :
Ora usah nraktir, nggo tuku Plastik gede wae...rencana kita harus tetep jalan...

@ Awie :
Kerjaannya di boyong ke Solo sekalian wae mas...

@ Sibaho :
lho itun emang bisa buat jamu kok, beneran deh..katanya sih, wong aku juga gak boleh makan itu kok di agamaku..hehehe

@ Bodrex :
Wedhussssssssss...sopo sing meh nraktir, lha po aku mbahmu????

@ Bibicriwis :
Maap fotonya emang gak diedit, wong cuma sekedar skrinsut aja kok..

@ Rian Rocker :
Emang makan apa di City Walk??

@ Senja :
Iyo, kuwi tak akoni..malle elik...hahahaha

endar said...

isin arep komen. ra iso melu absen sik yo mas

Haris Firdaus said...

jangan lupa mampir ke Ndalem Panjoeldiningratan kalo ke Solo! ha3.

(btw, koneksi smart ki semprul, aku koment gagal terus!)

bunda said...

jangan loepa mampir ke Kampoeng Batik Laweyan ....

salam

themahdavinovel said...

*Salam kenal

*Saya mengundang anda tuk baca Novel saya/Chapter yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, harap di follow sekalian ya. Mohon dukungannya

*Salam hormat

wong slawi said...

jadi laper nih...
soalnya belon makan...
ditunggu kunjungan baliknya.

joe said...

Dulu saya pas masih di solo paling suka berburu gudeg ceker di puwosari, atau cari thenkleng.
Duh, sudah lama saya gak ke solo. Jadi kangen ni...

pipiet.... said...

yipieee jadi jalan ke solo bakal ditraktir nehhhhh

cah baguzzz said...

yen kowe ngomong sego liwet dadi kelingan aku durung maturnuwun mbi koe pas mbog jajake sego liwet jam 3 kui.....

annosmile said...

sering banget ke solo
kulinernya cukup menarik
apalagi prasarana mulai dibenahi

penggemar e tukang nggunem said...

aku wes tauuuuuu ning solo hhiihhi pengen mrono maneh

sayurs said...

wah perlu dimasukkan schedule neh, kapan2 aku maen ke Solo, trus mbok traktir ya.. jadi kangen Solo, bener !!

nirmana said...

intip goreng! pingin nyoba sekenyangnya ntr klo di solo

Tukang Nggunem said...

@ mas ENdar :
Ndak Papa mas, semoga lain kali sampeyan bisa maen ke Solo

@ Haris :
Kayake perlu didaptarke nang dinas Pariwisata yo RIs...hahahaha

@ Bunda :
Betoooollll...jangan sampe lupa

@ Themahdinovel :
kenapa nggak ninggal pesen di SB aja to mas?

@ Wong Slawi :
Sudah...

@ Joe :
Lha mbok langsung pesen tiket dan meluncur ke Solo besok Sabtu, mumpung banyak temen2 blogger pada ngumpul

@ Pipiet :
Kowe kudune sing nraktir aku, kan kowe sing lagi berbahagia...hehehe

@ Cah Baguzz :
Halah...

@ Annosmile :
bener...Solo emang mulai bebenah...

@ Cebong Ipiet :
Kapan Bong?

@ Sayurs :
Karepmu Kang... Sabtu iso to?

@ Nirmana :
Intip Goreng, bener..saya malah lupa nyebutin e...hehehehe

bisnisway said...

topik yang paling kusuka makanan... salam merdeka!

Pinkina said...

enak nya..... mupeng deh..
coba seandainya makanan seperti itu bertebaran di Jkt ya, saya akan sangat senang sekali :D

Andy MSE said...

Tosss...
selain tidak usah takut kelaparan, juga tidak usah takut kehausan, di beberapa titik, PDAM Solo sudah menyediakan kran air siap minum...
Keren kan???

boykesn said...

semoga sukses mas....
kali aja nanti kelompok saya ( pesaji) bisa manggung di Solo gak kawatir masalah makan.

sariyatno said...

wah, makasih yo mas udah ngasih info tentang kuliner di Solo!
nanti akan saya cobain deh!
salam kenal!

Mufti AM said...

Semoga bisa menikmati santapan lezatnya mas... Sukses!

marsudiyanto said...

Saya agak menyesal, saat anak saya masih kerja di Solo, saya sering wira-wiri ke Solo & nginep di Solo. Tak ada kegiatan lain, karena hanya kangen anak. Tapi setelah anak saya tidak di Solo lagi, saya malah banyak punya kenalan baru orang Solo. Knapa saya kenal Tukang nGgunem dan Cah Sholeh tidak dari dulu2?

IKHSAN said...

kapan ya bisa dolan ke Solo...

Achiles said...

Vodka ne disediano pisan gak kie lek nang solo ?? hehehe...

Mbah Koeng said...

waduh liat nasi liwet jg iinget rumah nech, pa lg malam2 gini laapeerrr... minta dong !!!

Balisugar said...

uenak sekali and murah yah, wah kalau ada yg gitu di Denpasar pasti laku keras

aRinZ said...

hmmm...pancen mak nyuz qo maemane wong solo...hohohoho....

mascayo said...

Hik Hik ...
dulu saya pikir apa, ternyata wedangan.
Pokoknya TOP.
jadi pengen jalan-jalan ke SOlo...

Tips Kecantikan said...

mas e kau buat lidahku melet2 liyat hidangan diatas....

Girls Corner said...

rasanya sesuai sama gambare gak yg maknyuss getooo

Miss Anna said...

Solo...someday aq akan khusus wisata kulinerrr

arifudin said...

ya, memang mak nyus maz makanannya.

selamat dan sukses blogger bengawan :)

bunda said...

jane cedhak pasar Jongke juga enak2 tuh jajanane
bunda kalo ke solo di jl nitik laweyan mas ....itu tempat keluarga my hubby
..jadi pengen mudik nih ..hiks

ajeng said...

Kuliner solo emang gak ada matinya...

Judith said...

Haiyaaahh Git... bikin ngiler aja, aku makin kangen Solo kiy :(

sanggita said...

Waktu saya pulang Solo, juga bikin sumringah sekali dengan adanya tempat itu.

Pengen pulang.

Hiu said...

Anget nda....

Arip said...

Waduh banyak juga seng melu nggunem, yang ini kebaca gak ya?

meylya said...

banyak pilihan kuliner ya di solo
jadi pengen liat gambarnya itu

zee said...

Terakhir saya ke Solo 15th lalu, trs nyobain makanan Solo di rumah temen. Enak, tp agak kurang pas di lidah saya. Terlalu manis untuk lidah saya. Tp gak tahu ya klo sekarang...

Nyante Aza Lae said...

bener mas..solo memang eksotis, penuh dengan dinamika yg ttp menjunjung tinggi kearifan lokal..
kapan bisa ke solo lagi yahh..?

e2n said...

walah mas melu lapar iki.....
sayang ora iso melu......

Novianto said...

ya itu yang saya kutir, memperbesar kemungkinan untuk tambah gemuk

Anonymous said...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag.

Anonymous said...

One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag.

Yan said...

Hmmmm baru tau kalo Solo juga terkenal kuliner'nya.. tambah maju

suwung said...

kangen hik solo dan soto triwindu

Obat Maag said...

wah jadi pengen ke solo nih .

Cara Mengobati Asam Lambung said...

banyak juga yah makanan khas Solo .

Harga Kacang Mete said...

Serabi Notosuman
Tengkleng Bangjo Njajar
Dawet Ayu Lokananta

..kalu masih ada

 
;