10 February 2009

½ L + 7

Berawal dari perjalanan menuju kampung halaman pada hari Sabtu(07/02) kemaren, bangku yang kosong di kereta Pramex tinggal menyisakan satu tempat disamping seorang lelaki paruh baya, segera saja saya hampiri bangku kosong itu dan menempatinya. Satu stasiun terlewati dan obrolan itupun dimulai. Seperti biasa obrolan pembuka yang wajib bagi sesama penumpang kereta yaitu turun di stasiun mana dan bla bla bla... setelah beberapa kalimat tanya saling terlontar akhirnya saya mendapat satu nama dari orang tersebut, beliau mengaku bernama Totok (saya gak peduli itu nama bener atau cuma ngibul). Saya taksir umur lelaki yang berperawakan kurus dan berjenggot serta berkacamata itu sekitar kepala 4 lah.

Obrolan pun berkutat seputar profesi saya yang ngaku blogger waktu beliau menanyakan hal tersebut. Ketika pertanyaan berlanjut apa bisa menghasilkan uang dari profesi blogger itu, saya ngeles “Blogger itu sekedar profesi aja kok pak, kalo pekerjaan yang bisa nduwiti hidup saya, saya motret pak..”, dan beliau pun mengangguk-angguk. Kembali obrolan mengalir dengan hangat, soal politik, soal krisis ekonomi global, dan tidak ketinggalan soal agama. Sempet bikin keki juga waktu ditanya majlis taklim yang sering saya ikuti, byuhh...boro2 Pak... Kata-katanya yang mau tidak mau membuat saya bersepakat adalah ketika bicara panjang lebar soal ikhlas, takwa dan iman. Kalopun saya mau membantah saya ndak punya dalil-dalil yang apal soal itu, jadi daripada mati konyol saya cuma mengiyakan dan sekali-kali menimpali dengan pengetahuan agama saya yang secetek kubangan air yang ditinggalkan hujan didepan kos saya.

Perjalanan memasuki 1/3 akhir. Rupanya beliau mengamati cincin yang melingkar di jari saya. Pertanyaan, “ adek ini sudah menikah?” meluncur ringan dari bibirnya. Saya jawab “Belum, saya baru tunangan aja”, Kemudian terlontar lagi pertanyaan apakah umur tunangan saya sepantaran atau adek angkatan, saya jawab sepantaran. Nah disinilah rumus ½ L + 7 itu saya dapatkan. Beliau berasumsi kalo usia yang pas buat istri itu adalah setengah dari umur suami ditambah 7. Jadi kalo misalnya sampeyan sekarang umur 24 berarti carilah calon istri yang berumur 12+7 = 19 tahun. Alasannya secara fisik wanita itu akan lebih cepat matang dari laki-laki. Jadi kalo menikah dengan umur yang sepantaran nantinya akan cepat keliatan tua bagi si perempuan.

Entah untuk membesarkan hati saya atau bagaimana Pak Totok yang ngaku beranak lima itu langsung menambahkan bahwa rumus itu hanya ilmu titen bagi orang-orang jawa, nggak ada hadist maupun dalil2nya di Al-Quran, bahkan Muhammad SAW pun beristri wanita yang jauh lebih berumur daripada beliau sendiri. Mungkin dikira saya memikirkan hal itu, padahal aku yo ra peduli, hahahaha....

Akhirnya perjalanan sampai juga di stasiun Tugu Jogja, dan kamipun berpisah. Satu lagi perjalanan pulang yang terasa begitu singkat namun padat. Selain ilmu agama saya nambah (saya dikasih referensi buku soal agama untuk dibaca), saya juga mendapat rumus ½ L + 7 tadi untuk bahan bikin guneman di blog ini. Jadi apakah sampeyan semua bersepakat dengan rumus itu??

* Berhubung lensa kamera saya sedang rusak, jadi saya ndak bisa ngasih skrinsut bapak tersebut. Sebagai gantinya saya kasih ilustrasi foto narsis saya aja bareng sisihaning ati, semoga berkenan.

37 comments:

Dony Alfan said...

Aku nganggo rumus E=mc2, pantes ra jalan.
Sangar, profesinya blogger, boleh dong bertukar taut alias link?

Andy MSE said...

rasah rumus-rumusan... pakek rumus atau tidak pakek rumus tetep saja mingin-mingini dony! (lmao)

suryaden said...

haiyah ojo percoyo mas panjul.. kuwi rumus ngawur... sing bener yo nek seneng ndang dilamar, nek ditolak yo golek maneh..., lah nek umur 30 entuk umur 22 yo boyoke ... rasake dewe hahahha...

cah baguz said...

wah meh kawin wae ndadak rumus"an, selak pedhot boyoke nuh...

Andri Journal said...

Umurku saiki 26.Dibagi loro dadine 13,trus ditambah 7 dadine 20.VOILA! :D Kacek sithik ra po poh..Idhep2 bonus. :D

BIG SUGENG said...

Gayane mas iki lhoo, kesannya nggak mikirin dan nggak percaya rumus, tapi kok kepikiran terus to mas.
Pesen: 1.jangan menggunakan rumus itu untuk alasan mengganti sisihaning ati.
2. Ngapain kelamaan tunangan, mending nikah dulu resepsi belakangan, ntar kalu sudah nggak tahan gimana?
Komentar rumus (sekedar sharing): saya nikah umur 23 istri 22 sekarang alhamdulillah sudah hampir 19 tahun, anak sudah 7, istri tetap cantik dan menarik
tetap semangat dan menggebu (dulu aku nggak pakai tukar cincin, seneng lamar langsung nikah)

isnanto said...

waktu istriku lebih muda 5,5 tahun, 16 tahun kemudian ternyata dia masih terlihat semakin jauh lebih muda dari aku... lho? mas, kuncinya adalah istri pinter menjaga penampilan... masih bisa awet muda kok, masalahnya yg aku lihat banyak perempuan klo udh kawin n apalagi punya anak kurang bisa menjaga penampilan sehingga badan jadi gemuk, dasteran melulu dirumah, tdk suka olah raga ... shg jadi terlihat boros.
btw calonnya cantik..... selamat ya, thx

Senoaji said...

sing penting manteb ing ati mas... nek wis wayahe manacal yo lek mancal, rasah nganggo rumus2an. rumuse nek pas pasok tukon wae ndudal celengan ping 1/2 abot wkwkwkwkwkwkwkwkwk

Atca said...

alahhh
ngga usah percaya mas sama rumus2 gituan..buktinya aku menikah makin cantik kok ... gubrakkkk dilempar sendal hueheheheheh

Cebong Ipiet said...

wkekekkeke mbak nya khilaf itu mesti....
mugi2 langgeng kang

haris said...

terus2 pak andy wae, ra nganggo rumus tapi payu. ketimbang melu2 dony, nganggo rumuse einstein tapi ra payu2. ha3. profesimu blogger ya? apik tenan ki. ha3. btw, kw saiki produktif men to. SIP!

zee said...

hehehe....
dia pasti bingung apa itu blogger.
anyway, rumus 1/2L+7 itu keren jg. ada bener ga nya jg siy. buktinya temen saya, beda usia dgn suaminya 13thn, dia emg jd keliatan ngejar usia gt, gara2 bersanding dgn yg lbh tua. tp klo sama yg lbh muda, ada jg yg jd keliatan muda.. :)

Linda Belle said...

gak usah pake rumus2..yg penting cinta dan klik aja ama pasangan pastii...langgenglah...spt saya hehe..

gajah_pesing said...

oooo....rumus yang isa dipake buwat tuker link ya...
makasih mas...langsung tak praktekkan sekarang...

Novianto said...

Rumus seng penting iku Istri iso ngurusi bojone lan ngurus omah, ya tho..... hehehe

sibaho said...

konstanta angka 7 di rumus itu harus dicari mas diturunkan darimana :D
ya...bolehlah, kalau aku malah make: 1/2 L + 10 pas nikah umur 28 tahun..

iephe said...

Yo ngono... lek guneman sing apik2

tukang Nggunem mbalesi komen said...

@ Dony Alfan Sutanto A.Md :
Bertukar link?? boleh...asal gak bertukar sempak wae ya... (doh)

@ Andy MSE :
Kan de'e wes meh golek bojo outsourching kang..hahaha

@ Suryaden :
Soal boyok tinggal bagaimana le ngecakke wae to kang, rasah kakean diwolak walik ben ra putung boyoke...hahahaha

@ Cah Baguzz :
Husss..cah cilik ngomng kowan kawin wae...

@ Andri :
Sopo kuwi?? sesok nek kowe bali kenalno yo...

@ Pak Big Sugeng :
Injih Pak, saya inget2 pesen2nya..makasih nggih..hehehe

@ Isnanto :
Bener, Istri kudune iso dandan biar suami betah memandang, halah..makasih Pak..

@ Senoaji :
yo kuwi sing marai abot..ndudal celengan 1/2 abote calonku..byuuhh...

@ Atca :
Saya juga nggak percaya kok mbak...hehehe

@ Cebong Ipiet :
Wasyeeemmmm..........suwun dongane Bong...

@ Haris :
Ya begitulah Ris..hahahaha

@ Zee :
itu tinggal bagaimana si istri merawat diri aja kok mbak, mau sepantaran mau lebih tua kalo bisa dandan kan ya tetep cantik terus...hehehehe

@ Linda Belle :
Amiinnn

@ Gajah_pesing :
(doh)(idiot)(idiot)

@ Novianto :
Salaman sik...

@ Sibaho :
Hahahaha..rumit amat ya Pak mau kawin aja pake itung2an...

@ Iephe :
Seeppp.......

Anonymous said...

anggarov:

kuwi jenenge GUGON TUHON, adat kebiasaan sing dipercoyo keno ora yho BANGETEN, hehehe...

wis gek nDang rabi le, mosok kalah karo HAFID!

:)

Andri Journal said...

Ojo lali bobot,bibit,bebet (weh,opo meneh kuwi).Yayangku jik neng Amrik njul.Suk mben ae yen aku meh mantenan koe tak undang lewat SB. :D :D

Ndoro Seten said...

Jennenge wong jowo kudu pinter bosa-basi dab, kareben iso do semanak to....

ning njut dilanjut ora kuwi?

novi said...

pas di rumus tapi ga ada fulus piye? Moga order photomu lancar ben fuluse okeh gawe merid. tp jo lali undang2 yo :).

babeh said...

wedew, pas abis baca langsung nggunem, aaah ga bener tu rumus, lha wong aku ma istriku cuma selisih 10 - 7, anteng2 ae, sama2 awet muda apa awet tua si? he3x... cuma guneman koq

awie said...

klo pake di itung dulu keburu di sambar orang dunk kangwkwkwkwkwk

grubik said...

aku wong tuo isone mung ndonga wae, mugi-mugi gek keturutan anggone bebojoan, berumah tangga, don wori bi hepi bro...

blonty said...

Joel, tangan tengenmu kenapa? ingat, belum jadi istrimu!

(foto ki yen di-adobe bisa ngapikke rai tenan, ya... gumun aku)

keboaja said...

Rumus kui maksute ben ora selingkuh... Xixixixi

Nyante Aza Lae said...

klo soal rumus matemati, keknya serahin aja deh ma pak marsudiyanto, eh btw dah brapaan ongkos pramex Yk- Solo?

Judith said...

Pelajaran sekolah paling aku benci kiy matematika karo fisika.. lha kok nemu rumus cinta disini ha ha! wes jawaben dewe yo Git :D

Kalian berdua kok nyaris mirip raut wajahnya.. biasane pertanda jodo kuwi Git ;)

Yang rukun2 ya Sigit dan Dee :D

masiqbal said...

Selamat aja deh tuk dirimu mas... rumus kui rasah dipikir... seng penting cocok, gelem, sempet... hajar!

Pingin Ngeblog said...

Rumusku saiki wes genti eee mas...

1+1 = 1+(2)
maksude opoooo..iki? he..he...

ipanks said...

ehem ehem nek daku ngenteni undangane enthuk ra paklek?ning opo kebagian undangane yo?

Lovely Dee said...

Lebih tepatnya, Dee lebih muda 3 bulan dari si Maz.. Hahaha,btw,nyantai aja lagi, coz menurut sebuah artikel kesehatan yang pernah kubaca, seorang perokok akan terlihat 10 tahun lebih tua dari usianya. Hehehe.. Lagipula aq juga gak mau jadi isteri yang tidak menarik nantinya.Mau tak bikin suamiku nanti selalu jatuh cinta. Huehehehe... (harap diamini)
Mau??

sepur said...

gak usah rumus - rumusan.
yang penting mathuk.
salam kenal

ichaawe said...

eww...ini si manis yg td aku kunjungi blognya yah??? huhuhuhu.... rumus pelet kah yg kamu pake deketin dia???wahahahahaha

Nur Rachmat said...

hmm.. blogger juga profesi ya?

Wordpress Theme said...

WOW! Mesra bangetz!

 
;