19 November 2007

Mencari Popularitas tanpa Kreatifitas

Kalimat itu yang pernah ditujukan pada saya oleh salah satu komunitas blogger. Anjriitt..sumpah gondok banget pas dapet komen itu di tulisan saya. Namun salah saya juga gak cermat mbaca aturan maen di komunitas itu, karena setelah saya cermati ada aturan yang tidak membolehkan untuk dobel posting, di blog pribadi dan di komunitas itu. Sudahlah..itu sudah lewat dan saya udah gak ada masalah lagi...

Yang pengen saya gunemkan disini adalah masalah popularitas itu tadi. Ini erat kaitannya dengan sebutan yang sering bikin jengah, SELEB BLOG. Beberapa kali conference dengan kawan-kawan ngeblog selalu saja muncul wacana tentang selebritis blog itu. Saya sering bertanya-tanya, baik pada diri saya sendiri maupun dengan blogger laen, apa sih maksud sebenarnya selebritis blog itu? Apa kriterianya sehingga seorang blogger bisa disebut sebagai selebritis blog? Apakah dengan komen yang bertumpuk dan traffic yang sampe nembus 3 digit trus orang itu bisa disebut seleb blog? apa iya se-cetek itu parameternya? bagaimana dengan kualitas blognya? Kualitas dan kuantitas, penting mana? Berbagai cibiran muncul saat saya ngobrol dengan blogger laen, kalo si “anu” itu seleb blog, si “itu” juga seleb blog, dan mereka biasanya membuat komunitas sendiri yang eksklusif...benarkah demikian??

Banyak blog yang tulisannya benar-benar handal, dan ternyata pengunjungnya juga “biasa” aja, gak terlalu rame, gak penuh dengan sanjungan dan pujaan yang sarat dengan basa-basi busuk. Komen yang masuk juga standar, gak banyak-banyak banget tapi “berisi” semua, tidak asal komen balas budi (atau komen tuk mengharap balas budi).

Selebritis adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris celebrity yang berarti pesohor atau orang terkenal. Setidaknya begitu yang saya peroleh dari wikipedia. Seorang selebritis akan cenderung untuk bertindak eksklusif. Enggan bertegur sapa dengan orang biasa, selalu suka disanjung tanpa suka menyanjung, selalu suka diramah-tamahi tanpa harus meramah-tamahi. Naudzubillah..semoga kita semua tidak seperti itu.

Mencari popularitas tanpa kreatifitas. Saya gak ada masalah dengan orang yang populer berkat kreatifitasnya, tapi saya jengah juga dengan orang-orang yang enggan berkreatifas tapi mengejar popularitas. Hanya meninggalkan secarik komentar di blog orang tanpa ada hubungannya dengan isi tulisan, apa itu bisa disebut menghargai blogger yang bersangkutan?

Kalo dikembalikan kepada saya, jujur aja saya nggak memaksakan diri saya untuk memberi komentar pada sebuah postingan jika saya nggak bener-benar tertarik dengan isinya, meski blogger yang bersangkutan aktif di blog saya (ngisi SB, kasih komen). Saya nggak mau asal nulis komen aja (nglegani istilah jawanya) tanpa saya tau dan tertarik dengan permasalahan yang diangkat. Kalo ngisi SB sih saya suka, itu salah satu cara saya menjaga silaturahmi dengan blogger laen, bukan mencari popularitas lho...

Ah entah knapa saya jadi ngerasa nggak bener kalo menggunemkan hal ini, permasalahan yang terlalu sensitif kayaknya...udah deh gak saya terusin, sampe itu aja...tidak ditujukan untuk menyerang siapapun, hanya sekedar guneman gak jelas dari saya...terimakasih, salam hangat...

23 comments:

54n9 P3ju4n9..!!! said...

Postingane
apek2....

Wong pInter sampeyan to mas?...!!!

keritiKentang™ said...

ahahahahaha... kami sangat setuju dgn postinganmu ini!
bahkan di setiap detail kalimat2nya! *eleuhhh...* xP
eh, kalo ada seleblog, bukankah semestinya ada infotainment blog, ya? xP

deny said...

bahasan yang selalu ada dalam sosial networking ini. seleb blog memang pantas disandang oleh blogger apabila postingannya berhasil menarik perhatian blogger lain. di sini coba saya munculkan dua analogi. pertama, orang yang sudah populer di luar dunia blog dengan blogger yang menuai popularitas karena content postingnya. Misalnya, orang yang sudah popular di luar dunia blog,trus coba bikin blog dengan kapasitasnya,entah itu elit politik,musisi popular, penyair handal,ataupun aktivis lingkungan hidup,cendekiawan,ilmuwan belum tentu menjadi seleb blog. nah, jika saya bandingkan dengan orang awam yang berkenalan dengan dunia blog lalu mengekspresikan dirinya melalui posting dan ternyata mampu menarik perhatian para blogger, maka predikat sebagai seleb blog pantas disandangnya. parameter yang saya gunakan di sini adalah : kenapa posting yang dibuat blogger itu bisa menarik perhatian blogger lain?silahkan diukur sendiri. he.he. tapi parameter yang selalu dikaitkan dengan kuantitas, bukan materi posting, ternyata yang di-kredo-kan selama saya mengikuti perkembangan blog. sungguh sayang, orang yang berkualitas tapi kurang populer, padahal dengan sebuah kepopuleran, orang yang kreatif mampu berkontribusi untuk membuat perubahan.he.he. posting anda berbobot, untuk itu, saya menganggap anda pantas untuk menyandang gelar seleb blog daripada saya.he.he.met berkarya, saya tunggu posting berikutnya. carpe diem!

Jiewa said...

Lagi hangat nih masalah seleb blog & senioritas dalam blogosfer.

Menurut saya yg paling penting, kita tingkatkan saja mutu blog kita masing2. Jangan jadikan popularitas sebagai tujuan. Spt mas Joell ini, saya suka sekali semangat blognya. Dulu masih imut2. Masih ingat kan dulu saya kritik gaya penulisan Joell yg tidak pake paragraf ? Coba liat skrg, siapa tidak kenal Joell Nggunem ? :D

Kampret Nyasar said...

Memang sebutan itu ada dan muncul ditengah lintas pergaulan blogsphere.. biarlah begitu :-)

Buat saya sih, menulis adalah wahana melancarkan komunikasi efektif, meski belum baik tapi "there is always a start somewhere" - sekiranya diterima pembaca, sahabat dllsb dan bisa membawa manfaat - itu hanya bonus dan patut disyukuri (bukan disombongkan).

Traffic dan shared comments, adalah extra, toh akan kelihatan dari site meter apakah si weblog itu adalah ramai dihinggapi dan menjadi kunjungan favorit.

If you are tired of such, let go the hatred.. it helps as people's action may never be concured towards others as people thinks differently on every issues/phenomenon.

or, perhaps - make the change - write better.. think deeper and do much for others on your writings, so people may finid the good and betterment on your postings... this way, they'd make you perhaps as "Celeb-Bloggers".

Nice to have found your blog and reading through your views, I can understand, as I am just a regular Joe like you and perhaps those others out there - but I chose to relax and move away from negativity.

Kind regards from West Africa. :-), May we create a better blog-ship together.

pitshu said...

bagi Pitshu blog itu bukan untuk cari popularitas sih! blog g enggak jauh isinya seperti diary ^^, klo seneng cerita sedih cerita kesel cerita hahaha.

bisa di bilang tempat pelampiasan, dapet temen dunia cyber welcome aja.

Agaz said...

saya sangat setuju dengan maz deny.. terlepas dari semua itu memang yang pantas jadi seleb blog mungkin tukang nggunem soalnya postingannya menunjukkan kemampuan dirinya dalam mengeksploitasi pikiran dan murni hasil dari dirinya menggunem.. salut untuk tukang nggunem semoga tulisan anda berikutnya akan lebih bagus dan lebih bagus.. hidup kang nggunem...

Jurukunci Gunemanku said...

@ Agazz : cen nekat bocahe...njaluk kon misuh2i po piye cah iki...sekali lagi saya tegaskan saya nggak nyari popularitas dari ngeblog, apalagi mengejar sebutan seleb blog..naudzubillah....

Muhammad Mufti said...

Kalo soal kepopuleran, saya rasa itu terlepas dari kualitas mas. Coba kita lihat para artis papan atas di negeri kita sendiri yang mengorbitnya lewat kontes2an dan semacamnya itu. Yang SMS rata2 milihnya karena subjektivitas ganteng, cantik, ramah, atletis atau karena ia kenal dengan orang tersebut. Kalo sudah begitu, yang punya kualitas bagus pun bisa saja tersingkir dari arena kontes. Tapi santai aja mas, di blog kan kita bebas bicara dan menuliskan soal apa saja. Saya rasa Mas gak perlu merasa bersalah dalam hal ini. Sebab tujuan orang ngeblog kan beragam, salah satunya ya seperti judul postingan Mas Tukang Nggunem kali ini.

ichaAwe said...

seyuju banget....aku justru baru tau bulan trakhir ini..ooo ternyata ngeblog jg ada selebnya tooohhh...
pantesan beberapa blog yg aku kunjungi *yg katanya seleb blogger* dr dulu diajak kenalan *disinggahin blognya* ...gak mau singgah balik...
sombong bajay... amit2 deh...
serasa seleb hollywood ajehhh....

heRRu said...

wah, komentar posting kali ini panjang-panjang.

Anywaaay, kalau menurut saya sih sah-sah saja untuk mencari popularitas dengan cara 'cross posting' di blog pribadi maupun blog komunitas, atau cuma koment yang enggak nyambung. Itu mungkin cara kreatif orang tersebut untuk menjadi populer, dan itu buat saya sah sah saja.

Dony said...

Weh, seleb blog kok mbahas seleb blog. Jeruk nguntal jeruk.
Tapi sampeyan itu termasuk seleb blog yang low profile kok, masih sering berkunjung ke blog saya.
Ttg ngisi komen itu kan byk bgt alasannya, seperti survay di nexlaip.blogspot.com itu.
Saya pernah sok pasang komen di seleb blog, mung pengen numpang tenar, meninggalkan jejak, tapi ternyata ga ada kunjungan balik, :)

Eh, ada blogger baru tapi langsung jadi seleb, pamornya keangkat gara2 ada suatu insiden heboh, heibat ya.

DWI said...

Lho mas, bukannya ngeblog itu masalah hobby? Hobby itu mesti dinikmati dengan jujur! Blog yang ndak jujur itu hambar!

Yuki Tobing said...

setujuuuuu banget, kadang gak enak juga yah kalo ada yang suka mampir cuma komen asal2an seperti: "wah bagus", atau bahkan: "shoutbox loe ilang yah?"

kalo loe sih jelas gak masuk kriteria di atas kawan, gw suka kok ama komen2 loe di tempat gw, hehe, mudah2an gw termasuk komentator yang menghargai yah?

soal popularitas tanpa kreatifitas yang mana kadang merupakan ciri utama celeb's blog, mau digimanain lagi, mereka udah ngeblog jauh lebih lama dari ktia, mau blogwalking, dsbgainya, jelas aja orang pada mampir walaupun posingannya sendiri suka gak jelas kadang.. hehe, makanya hasilnya orang2 cuma komen: "Pertamaxxx", dan semacamnya..

saya sendiri sadar saya bukan siapa2, hehe, tapi saya sebisa mungkin mencoba menulis artikel yang ada isinya (walopun kadang ngawur juga jadinya), dan sebisa mungkin membalas kunjungan para pembaca..

yah, isu yang sensitif emang, cuma gw suka kok kalo ngomong apa adanya, kan saya orang bataakk..

Iman Brotoseno said...

Manusia pada dasarnya selalu ingin menjadi ' centre of universe ' walaupun dia tdk menyadari itu. Saya pikir semua adalah seleb blogg, seleb diantara keluarga, teman teman dekat.
PS :
keritikentang..ada infotainment blog, di blog saya ha ha..

BangDhika said...

waaahh rame yo kang.... klo ane sih kang..?? blog sebagai media buat belajar dan numpahin uneg2 ama inspirasi di otak ane... gak kepikiran tuh dengan seleb-seleb an... tp klo dari segi isi tulisan, tulisan kang nggunem bagusss... dah kang nggunem pantas buat menyandang predikat itu.....

adekjaya said...

mmm...bagi saya sih..ngeblog cuma sebagai tempat pelepas lelah..berinteraksi dengan manusia dari berbagai penjuru endonesa.kalo bisa malah seluruh dunia..berbagi empati dengan sesama..

jadi kalo blog saya rame dikunjungi ato tidak, saya ga pernah ngurus..yang penting saya sudah mencoba untuk mengenal dan berbagi empati dengan temen2 blogger lain..

lha kuwi, akhirnya terus YMan..itu udah merupakan hal yang sangat cukup..berbagi tawa,cerita dan permasalahan yang ga jelas juntrungnya malah bikin heppy..

Bener juga yang dikatakan mbak Icha..amit2 deh kalo ada yang seperti itu..njadiin dirinya dan komunitasnya "untouchable" (bener yo njoell bosone)..kayak seleb hollywood aja..kayak seleb endonesa juga..
hiiii..seleb blogs..hiiii takut..

Zee said...

Wah sy br denger ada istilah seleb blog. Tp, gw jg ga setuju banged sama para blogger yang buat komunitas sok eksklusif. Toh parameter seleb itu mereka jg yg buat-2 sndr, even like u said, postingannya jg asal-2an tp dibilang seleb hny krn komennya banyak.

sayurs said...

tidak perlu mengejar popularitas or ngejar sebutan,tapi tanpa itu semua pun yang punya rumah ini sudah kondang kok, ya macem seleb gitu wkakakaka...

cebong said...

apa itu seleb blog ga usah di pikirkan ,yang penting bukan masalah popularitas, ataupun banyaknya komentar, ngeblog adalah sing penting nulis, soal sopo sing moco tulisanmu iku ra usah di urusi, yang penting semangat buat eksis untuk menulis dan juga belajar. Koyo si cebong sing terus sinau dadi kodok hahahah

Ros Marya Yasintha said...

Saya juga pernah baca nih mengenai seleb blog, tapi kalo kamu dibilang salah satu seleb blog ya gak masalah..Toh semua tulisanmu ada aja yang baca kok!!(saya termasuk pembaca setiamu) Jadi kata-kata tanpa kreatifitas itu gak usah dipikirin...sirik aja kale..

Jurukunci Gunemanku said...

@ Semua yang komen :
Terimakasih yang sudah urun nggunem dipostingan saya ini...maaf saya nggak bisa bales satu persatu kaya diblog2 laen...maturnuwun sekali lagi dan jangan bosen berkunjung diblog ini...salam hangat....

GHATEL said...

kalo soal siapa saja yang menjadi atau di cap sebagai seleb blog saya ngg' terlalu memikirkan, yang penting saya ngeblog trus sampe tua...

 
;