15 July 2010

KLANGENAN

Klangenan dalam bahasa Jawa bisa berarti hobi ataupun kegemaran. Lelaki Jawa jaman dulu umumnya memiliki klangenan berupa ayam jago, kuda atau burung perkutut. Klangenan bisa dijadikan simbol status sosial seseorang. Orang yang memiliki klangenan biasanya rela melakukan apapun atau menghabiskan uang berapapun untuk klangenannya itu, misalnya orang yang memiliki klangenan seorang penyanyi campursari yang semok, maka dia akan rela menghabiskan duit berapapun demi ngopeni sang penyanyi semok, atau lihat saja orang yang memiliki klangenan berupa motor gede yang harga per unitnya bisa buat beli rumah itu.

Memiliki klangenan memang menyenangkan, tidak peduli orang tua atau muda semua bisa memiliki klangenan sendiri-sendiri. Coba saja tengok Pak Marsudi dengan klangenannya ini.

Dulu saya pernah punya Tri Wahyu Lesmono(Mono), seekor kucing yang beberapa tahun kemudian mati, lalu saya juga pernah punya Joni de Franco, seekor hamster yang kini sudah pindah tangan ke sepupu saya. Saya juga pernah memberdayakan kolam kecil di kos-an saya dengan puluhan ikan lele (yang gak mungkin kan kalo dikasih nama satu-satu), yang kemudian saya sendiri gak tega untuk ikut menikmatinya pada saat dipanen bareng anak-anak kos lainnya.

Belum lama ini saya membelikan istri sepasang kelinci hias di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY). Hal ini saya lakukan karena berulangkali Istri bilang kangen sama kucingnya di rumah, sementara saya sendiri kalo deket-deket sama kucing bisa langsung bersin-bersin, jadi saya ambil jalan tengah yaitu memberinya sepasang kelinci. Kata penjualnya sih ini jenis kelinci persia, tapi saya gak gitu peduli ini jenis kelinci apa yang penting bulunya halus dan gak bikin bersin, selain itu jinak banget dan lucu. Dan begitulah, sejak saat itu saya memiliki resmi memiliki klangenan sepasang kelinci. Oleh istri saya sepasang kelinci itu dikasih nama Upin dan Ipin(gak kreatif banget memang, hahaha).

Berkat si Upin dan Ipin, studio saya akhir-akhir ini semakin rame saja, bukan rame dengan orang yang mau foto, tapi rame dengan anak-anak kecil tetangga yang pada suka dengan kelinci saya itu, hehehe..

42 comments:

suryaden said...

bedane karo KLAprojek opo yo?

Agung Suryo said...

mulai eksis meneh hihihi

Anonymous said...

keren… artikel yang sangat bermanfaat..
menemukan tulisan yang sangat jawa disini....
menyenangkan sekali...
salam kenal and sukses selalu…

sedj
http://sedjatee.wordpress.com

asepsaiba said...

Duluuu.. sekali waktu masih kelas 3 SD, saya pernah punya Selamet.. Dia seekokr marmut.. Yang hilang entah kemana.. mungkin dimakan kucing... :((

Tukang Nggunem said...

@ Suryaden : sing jelas odo2 dudu seko KLAten

@ Agung : ho'o..arep mulai ngeksis meneh..lha banyak waktu luang kalo pas nunggu studio e..jadi ya ngeblog aja..hehehe..

@ Sedjatee : saya bingung sebenernya sangat bermanfaatnya dimana artikel saya ini, hehehe..anyway thanks udh mampir..

@ Asepsaiba : walah si Slamet di gondol kucing??kasian banget...

Ayahnya Ranggasetya said...

Mungkin anak muda zaman sekarang Klangenan-nya bisa berupa barang teknologi semacam ponsel atau mobil, ya? Hehe...

marsudiyanto said...

Klangenan yang bagus...
Awan dolanan kelinci lucu
Malam dolanan kelinci brewok...

Jidat said...

La iyo bedane karo kla projek opo jal? hahaha

endar said...

@pak Mars. nopo wonten kelinci brewok pak

M Mursyid PW said...

Belum lama anakku juga gedrel pengen dibelikan kelinci macam itu. Akhirnya saya belikan juga, tapi hanya bertahan hidup beberapa hari saja. Kurang makanan kali.

Sriyono said...

kelincinya lucu, pengin juga miara lagi, cuman karena tinggal di kota rumahnya kecil, belum memungkinkan...
hu hu....

HALAMAN PUTIH said...

Klangenan anyar to kang...

Nang pasar kotagede yo ana sing adol kelinci, ning yo mung pendak pasaran legi thok.

bang ciwir said...

maukah kamu jadi klangenanku
wahahahaha

Tukang Nggunem said...

@ Ayahnya Rangga : Iya Pak, anak muda sekarang klangenannya ponsel, trus mbikin "film indie", trus diaplot deh..hahaha..

@ Pak Mars : hahaha..ono2 wae lho Pak Mars iki..

@ Jidat : yo tak pikire dhisik..sesok nek wes nemu jawabane tak smske wae..hehehe..

@ Mas Endar : malah chattingan nnag kene.. (doh)

@ M Mursyid : Kalo gak kurang makanan ya berarti udah sakit pas masih di penjualnya Pak..

@ Sriyono : Di kandang aja om,kalo sekarang punya saya udah saya lepas di rumah..udah persis kayak miara kucing gitu..

@ Mas Mufti : nang PASTY wae..rasah nganggo ngepasi pasaran barang..saben dino bukak..hehehe..

@ Ciwir : haaaasssyyuuukkkk....

Lovely Dee said...

Pasti maz lebih setuju dikasih nama upin ipin daripada ijat dan ehsan bukaaan? hahahaha.. yang pasti, adanya upin ipin bisa melatih kesabaran n ketelatenan.. ;)

kolomkirinews said...

lhadalah kelinci........
hewan yang menggemaskan
saya juga punya piaraan kelinci lho
tiap sore dilepas.....
wis jan nyenengkeh........

mursid said...

itung2 kelincinya buat "Kelinci Percobaan" pelatihan menimang anak dan membesarkannya..
wkwkwkwk

omagus said...

anakku sampe nangis gulung koming njaluk klinci..!

Cah Ndueso said...

ndelok judule tak kiro postinge yo boso jowo eh ternyata masih blesteran..

Andri Journal said...

Jenenge piaraan karo jenenge sing duwe isih apik jeneng piaraane..oalah njul panjul.. :D

Selamat menempuh hidup baru ya..semoga bisa menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah..bersama kelinci-kelincimu itu..

arifudin said...

hihi..... rasanya gemes sekali pingin ngelus-ngelus kelincinya, imut-imut sich he..he..

Dawam Multazam said...

kucingku yg betina namanya Emon, yang jantan Pakde. nah, nama anaknya Puspita dan Kuswoyo.

eh, sampeyan takon ta ga? (doh)

aRai said...

besok2 bisa di kasih baju tulisa U ma I tuh kelinci ... xixixi

senoaji said...

sakjane aku ki meh nulis nang kene tur, tur gandeng nang kene ki isine ming tulisan tok dadi aku pingine nulis, tur lha piye maneh nek nulis nang kene ki kudune isine tulisan juee, padalah tulisan iku kudune nulis nang kene, terus koyone aku milih brik-brikan ae lah.

sayurs said...

dari tulisan dan gambarnya bisa saya simpulkan itu kelinci bukan klangenan sampeyan ya, tapi klangenan istri sampeyan.
Lha klangenan sampeyan yang sebenere ya yang punya kelinci itu, hooh to ?
*ngono ae mbulet*

Andy MSE said...

jan-jane wingi aku arep tilik truwelumu, ning ora ngerti alamatmu...
sepurane kang!
suk nek aku liwat Wates tak mampir, ning wenehi sik alamatmu ya! tks

Jabon said...

baru tau istilah klangenan

alumnidarulamanah said...

klangenanku mancing di laut lepas...

Jabon said...

terkadang klangenan banyak menghasilkan duit.. hehe

Sukadi Brotoadmojo said...

klangenanku montor 125 r, mau klangenan kelinci takut kalau kelinci ucul...he.he

Ngatini said...

klangenane sing nggending opo sing digendong kih??

michan said...

klincinya lucu.. ^_^

Yan said...

Dengan beriringnya jaman hobi seseorang tambah aneh2 kang..

tipshot said...

Bagus juga artikelnya, komentar juga dong di blog saya : http://tipshot.blogspot.com

Dragonfly Massage Chongqing said...

Truwelune lucu2 aku pengen duwe iku,,

joker said...

berkunjung saja bos....

ayha said...

dulu saya juga punya tapi dah mati dan sekarang hobis aquascape disamping itu juga bisa menambah pendapatan kantong.

Ade Fr said...

Saya juga mempunyai banyak peliharaan. Peliharaan saya adalah burung merpati. Jumlahnya ada 20 pasang. Saya rela tidak menabung hanya untuk memberi mereka makan setiap harinya. Namanya juga sudah hobi.

joe sandie said...

articles of interest to read ...:) and please visit Universitas Islam Indonesia

lampu kabut mobil said...

nice artikel...thx ya..

Obat Leukosit said...

wah itu Kelinci apa marmut gan ?

Obat Muntaber said...

wah hewan peliharaannya lucu sekali gan .

 
;