17 September 2007

MARI ngGOSIPIN PISANG


Pasti semua orang tau akan buah yang berbentuk lonjong dan rata-rata berwarna kuning kalo sudah mateng ini. Kenapa saya katakan rata-rata berwarna kuning, karena saya pernah tau dan makan juga yang namanya pisang gendruwo(kata ibuk saya namanya gitu, tolong kasih tau saya kalo ada nama ilmiahnya biar saya tidak selamanya tersesat). Itu pisangnya lebih gendut dari pisang biasa dan berwarna merah kegelapan, sumpah elek tenan...teksturnya nggak lembut, bahkan cenderung keras (atau pas itu blom mateng ya???)

Dari sisi kesehatan, buah pisang dapat mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang cukup banyak. Kandungan asam triptopthan yang diubah menjadi serotonin (zat yang dapat mengubah suasana hati) dapat mengatasi depresi dan stress. Sedang kandungan vitamin B6 didalamnya mengatur kadar dalam glukosa darah yang dapat mengubah mood.

Bagi yang sering menguap padahal tidak merasa ngantuk, itu salah satu tanda bahwa aliran oksigen ke otaknya terganggu. Ingat, aliran oksigennya yang terganggu, bukan otaknya, hehehe....Bila sampeyan mengalami hal seperti itu disarankan banyak mengkonsumsi buah pisang. Kenapa? Karena buah pisang mengandung banyak kalium yang dapat membantu melancarkan kembali aliran oksigen dalam tubuh kita, termasuk yang ke otak sampeyan itu tadi.

Mungkin saat ini sampeyan mbaca tulisan saya ini sambil kebal kebul ngisep tembakau linting alias rokok. Nah, perlu sampeyan ketahui bahwa ternyata pisang juga dapat membantu mengatasi kecanduan nikotin. Dalam pisang itu terdapat kandungan B6 dan dan B12 yang didalamnya dapat membantu untuk menetralisir pengaruh nikotin. Jadi bila sampeyan mulai terganggu dengan efek merokok seperti pacar gak mau dicium karena bau mulut sampeyan menyengat, duit sampeyan cepat habis buat beli berbungkus2 rokok, atau celana sampeyan yang gak disadari tiba2 bolong tersundut rokok, saya sarankan mulai sekarang perbanyaklah konsumsi pisang anda. Selain mengenyangkan, ternyata pisang juga banyak manfaatnya kan??

Bahkan gosipnya nih, andaikata terpaksanya kita hanya mengkonsumsi pisang saja dalam kehidupan kita sehari-hari, maka kebutuhan gizi tubuh kita telah dapat terpenuhi. Tapi saya sarankan sampeyan jangan mencobanya, kasihan monyet2 di kebun binatang kalo jatah pisangnya sampeyan embat semua...hahahaha.....

Itu seklumit manfaat dari buah pisang, yang sumpah saya juga baru tau ini oleh karenanya ingin saya bagi kepada rekan-rekan blogger sekalian. Mengenai kata2 yang sengaja saya cetak miring itu gak usah dipermasalahkan artinya, karena kalaupun sampeyan permasalahkan sama saya, saya juga gak bakalan tau apa itu maksudnya....

( Sumber dari sebuah artikel di Minggu Pagi )

14 comments:

Dony Alfan said...

Dadi kelingan ponakanku sing gawene mangan gedang jenis clavendis, gedang larang tapi ra enak rasane.
Wah, jarang mangan gedang je, paling nek mung pas neng wedangan, gedang goreng plus teh panas, wah enak tnan jan...
Matur suwun mas Sigit untuk postingnya, bisa nambah wawasan.

Ros Marya Yasintha said...

Di blog ku di suguhin Manggis, di sini di suguhin buah Pisang :)Makasih artikel nya mas :)
Banyak banget mas jenis pisang..tapi yang ak suka Pisang Barangan. Buat tambahan informasi, buat yang sembelit jangan makan pisang dulu ya..Nanti malah tambah susah :)

Mata Telinga said...

satu hal yang saya ingat tentang pisang adalah kata kata orang jawa "Gedhang (pisang)= Digeged bubar madhang" (digigit sehabis makan). bener lho enak kalo habis makan trus makan pisang. juga bikin lancar mbuangnya... Salve buat pisang

JiE said...

Pisang juga baik untuk dikonsumsi olahragawan sebelum bertandang, karena tidak banyak mengandung air. Jadi ditengah pertandingan ga kebelet pipis hehe :D

Vie said...

Anakku bananaholic. Akupun juga begitu.
Sayang sekali disini cuma ada pisang Ambon.
Dulu waktu masih di Medan aku gila ama pisang Barangan.
Pernah liat di Chinatown pisang emas. Mau makan pisang emas jadi teringat ada susukku, just kidding!!!

deny a.k.a como said...

pisang ya...hmmm jadi ingat cover albumnya The Velvet Underground & Nico..itu adalah salah satu band favorit teman saya yang punya blog putra daerah, terutama dengan mas Andy Warhol-nya..ge.he. Pisang selain enak, juga bisa jadi inspirasi seniman pop art. Kolaborasi yang menarik...( kalo mau lihat cover albumnya, main aja ke kamarnya mas Dony Alfan njoel...)

Rinds said...

Pisang goreng.....mak nyusss!
Mas, blognya aku link ya...

Fahroni Arifin said...

Oh karena banyak mengandung zat besi, itu sebabnya kenapa dibikin kon**m rasa pisang ya. Ehehehe.

titiw said...

Wah2.. baru tau kalo pisang bisa ngurangin candu nikotin. Ntar eike sebar ke semua perokok di depan belakang diriku inih. Thx infonya, kawan..

rey said...

Bo' gue penggemar berat pisang, kalo beli pisang tu yg ngabisin ya gue :). Makasih ya dah diposting artikel soal pisang, jadi makin cinta nih :D

Haryo said...

"Mungkin saat ini sampeyan mbaca tulisan saya ini sambil kebal kebul ngisep tembakau linting alias rokok"

Bro.. iki asline nyindir aku yo?????
:D

Joell de Franco said...

@ Haryo : Bung Haryo, mulai sekarang banyak2lah makan pisang...nanti kalo emang bener2 bisa ngurangi kecanduan ngerokok, kasih tau saya ya...hehehehe...

ichaAwe said...

bagus deh..secara saya suka bgt makan pisang..apalagi diblender sama susu...wuiihhh mantep deh

-NopiPinishli- said...

pisang kok makan pisang...

 
;