08 July 2010

Dunia Pagi, Pagi Dunia..!!

Selama beberapa tahun terakhir, saya praktis jarang atau hampir tidak pernah menyapa udara dan sinar mentari pagi yang, kata orang, segar dan menyehatkan itu. Sebagai mahasiswa yang harus nge-kos, pola hidup yang tidak sadar terbentuk adalah begadang kalo malam, dan bangun setelah hawa panas memenuhi kamar kos yang membuat keringat bercucuran dan membuat tidur tidak nyaman lagi, bisa dipastikan saat itu terjadi jarum jam sudah menunjuk angka 10 atau bahkan lebih. Bangun pagi sudah mirip sebuah aib yang akan sangat menyesal sekali apabila terpaksa melakukannya.

Setelah lepas dari kehidupan kos2an, kebiasaan itu masih terbawa sampai ke rumah. Bahkan setelah memiliki tempat usaha sendiri pun bangun pagi masih terasa berat bagi saya. Ketika orang lain berlomba-lomba untuk membuka tempat usahanya sepagi mungkin, saya masih meringkuk di tempat tidur dan membetulkan selimut. Saya mulai membuka pintu tempat usaha saya kira-kira jam 11-an. Tentu saja dilandasi dengan keyakinan bahwa setiap orang punya rejekinya masing-masing asalkan ada usaha untuk meraihnya, jadi sesiang apapun saya membuka tempat usaha saya, pasti ada rejeki untuk saya, dan alhamdulillah-nya, hal itu ternyata benar terbukti.

Semenjak memiliki pendamping hidup beberapa waktu yang lalu, pola hidup saya berubah total. Bukan soal guling tidur yang sekarang bisa nabok, tapi soal jam tidur dan jam bangun saya yang berubah total karena harus menyesuaikan dengan istri. Berhubung istri adalah pekerja kantoran, maka bangun pagi adalah sebuah keharusan. Awal-awal memang terasa berat, namun lambat laun mulai terpola juga jam biologis saya untuk tidur sebelum jam 11 malam dan bangun jam 5-an pagi. Dan memang benar kata orang bahwa udara pagi itu segar, atau dingin lebih tepatnya. Setelah istri berangkat ke kantor, kegiatan saya selanjutnya adalah menunggu mas loper koran datang membawa koran langganan dengan mencicil membaca-baca berita dari portal berita online dan blog.

Dari tempat saya ngetik postingan ini, saya disuguhi pemandangan pagi sawah di depan rumah saya dengan gerombolan burung kecil dan ayam-ayam yang mencari makan, dan di jalan kecil yang membatasi rumah saya dengan sawah tersebut, sering ada orangtua (tetangga) yang menyuapi anak bayinya sambil jalan-jalan, juga berseliweran orang tua yang berangkat ke kantor sambil memboncengkan anaknya untuk diantar ke sekolah masing-masing.

Sungguh dunia pagi memang menakjubkan, ketika kita menemui wajah-wajah orang yang masih segar dan siap menghabiskan energinya yang masih full setelah dichas semalaman untuk menghadapi hari selanjutnya, ketika kita menjumpai wajah polos anak-anak yang akan berangkat ke sekolah untuk bertemu dan bermain dengan teman-temannya, dan seekor anjing putih yang entah sudah berapa kali mondar-mandir berlari-lari melewati depan rumah saya entah untuk apa.

Jadi saya ucapkan selamat pagi kawan, selamat pagi dunia, selamat menjalani hari ini, semoga hari ini akan menjadi hari yang menyenangkan buat sampeyan semua.

21 comments:

MURSID said...

Selamat pagi mas Joell..
Kapan punya momongan? wkwkwk

Tukang Nggunem said...

Pagi juga Mursid..iki malah keganggu piala dunia e..dadi yo nyante wae lah le ngasih kowe keponakan..wkwkwk..

suryaden said...

malem minggu dolan nang nggonanku joel.. :d

Sriyono Suke said...

Wah, asiiiik yang baru punya guling aktif... ha ha....

Tukang Nggunem said...

@ Pakdhe Antok : Insyaalloh, nek selo sekabehane tak sowan padepokan Jogloabang, arep disuguh opo to?

@ Sriyono Suke : hahaha..sip..emang lagi asik2nya..hahaha

bang ciwir said...

akhire wis ngerasakne dalan bayi yo Dab
(lmao)

Ikhsan said...

Weh aku Juni ke Solo Lho pengen ketemu sampeyan...melu sharing solo online.lha tibake sampeyan lagi rabi,pengen kondangan tapi gak ngerti nggone.
eh,met menempuh hidup baru yo mas..jo lali dua anak saja cukup..hehe

febriyanto said...

selamat pagi.......
memang, rejeki itu tuhan yg ngatur..... dan tidur sp siang memang nikmat adanya.... :D
wah, mantep om pemandangane..... ada guk2nya...... :D
bagian tulisan yang guling tidur yg bisa nabok sangat menggelitik... hhaha, salam kenal,.

marsudiyanto said...

Sugeng ndalu Mas...
Matur nuwun rawuhipun wonten blog kulo

Selamat atas pernikahannya tempo hari
Saya tau dari Plurk

mas nanank said...

woooh, mas panjul ditunggu keponakannya ma om ganteng neh. wkwkkwk.. btw, omahe idaman tenan kui dab. solo po wates?

endar said...

gulinge iso nabok lan ngentut... selamat ya kang..

BIG SUGENG said...

Akhirnya sampai juga yaa....
pola bangunnya diubah....

bukannya habis baca koran terus bosen tidur lagi..?
habis itu jam 11 baru bangun...
enak banget yaa...

zenteguh said...

slamat siang Kang joel franco

waduh, enak tenan. Bikin saya ngiri pollll.....sudah lama gak ketemu sawah dan udara pagi segar. Ketemune jancukarta ruwet. hahah.
selamat bangun pagi..

Tukang Nggunem said...

@ Ciwir : Seep...hahaha...

@ Ikhsan : Iyo e Mas Ikhsan, pas acara di Solo kemaren gak bisa ikut karena ndilalah kok ngepasi acara saya sendiri, gak kondangan gak papa kok, sing penting doanya aja..

@ Febriyanto : Seep bro..salam kenal..

@ Pak Mars : Maturnuwun Pak Mars, nyuwun pangestunipun nggih..

@ Nanank : sabar om..ni juga udh nglembur-nglembur e.. hehehe..posisi dimana skrg?

@ Mas Endar : suwun mas..

@ Pak Sugeng : Hahaha..ndak kok Pak..sekarang jam 9-an udah mulai buka studionya..monggo pinarak..

@ Zenteguh : monggo kapan2 mampir ke sini, saya suguhi pemandangan sawah..hehehe..

Andy MSE said...

Selamat pagi...
sama kang! dulu waktu awal2 punya istri, saya juga selalu bangun gasik... lama-lama balik lagi kebluk... hahaha...
semoga cepet punya momongan! hehehe...
*maaf kemarin dulu tidak bisa sowan ke Wates*

dafhy said...

selamat pagi mas panjoel
semoga kebiasaan baik ini tetap terjaga ya.
dan semoga cepat dapat momongan. amin

Anonymous said...

@ Kang Andy : Wah mugo2 aku yo iso sak teruse le tangi gasik ngono...ho'o ik wingi tak arep2 tenan e malah ora njedul, ning yo rapopo lah, sing penting dongane wae..suwun ya Kang..

@ Dafhy : selamat pagi juga cah bagus..amiinn dan maturnuwun dongane..

rianbowok said...

woalaah lama nggak keliatan ternyata udah nikas to mas joel? hahaha selamat ya mas...

kapan2 saya bertandang ke tempat sampeyan mbok an.. hehe

Dony Alfan said...

Jadi untuk bisa tidur teratur dan bangun pagi resepnya adalah punya istri? Oke deh, besok saya mau cari istri, semoga Allah menjawab doaku :D

haris said...

uripmu wis jan mirip priyayi jawa tenan njul. esuk2 moco koran. ha3. ketoke tentrem yo omahmu iku. :D

Yan said...

Subhanallah untuk segala yang ada di bumi,,

 
;