05 January 2009

Dan Kyai Slamet pun menangis...


“Perjumpaan seperti ini yang akan menambah erat silaturahmi antar blogger”, begitu kalimat bijak yang saya ingat keluar dari mulut seorang guru Bahasa Indonesia yang juga seorang blogger, Pak Sawali. Maka begitulah adanya, sekali lagi acara konsolidasi blogger Jawa Timur dan Jawa Tengah dilangsungkan. Blogger Timur dan Blogger Tengah (selanjutnya disebut dengan blogger Timur Tengah) berkumpul di Padhepokan Kecehbenwit dengan begawannya bernama Resi Genthokelir.


Bukan bermaksud untuk melakukan makar, bukan pula ingin menumbangkan keangkeran para penguasa jagat blogosphere terdahulu, hanya murni acara silaturahmi dan temu kangen saja, maka berhentilah menebak-nebak dan berprasangka buruk, simak saja kelanjutan cerita saya ini. Pemilihan tempat di Padhepokan Kecehbenwit di puncak Gunung Kelir yang hijau permai sana bukan tanpa alasan, sebagai blogger kebutuhan utama tentu saja koneksi internet, sukur-sukur dengan benwit yang berlimpah dan makanan yang mengalir terus menerus, entah dengan alasan apa Tuhan ternyata berbaikhati menunjukkan tempat seperti itu berada di puncak Gunung Kelir sana.


Mantan Kyai telah membagikan tausiah sesatnya kepada para utusan lain yang malem itu bermalam di Padhepokan Kecehbenwit, Pak Sawali memberikan pelajaran tatacara menulis yang baik dan gak usah terlalu benar, Cah Soleh yang sekarang gak begitu soleh lagi karena sering kecakot juga tidak mau kalah membagikan keahlian ilmu oprek-mengoprek website, sedangkan Resi Genthokelir hanya tersenyum manggut-manggut melihat tingkah polah para tamunya malam itu. Dimana saya? Ketika semua kejadian tadi sedang berlangsung, saya sedang membetulkan selimut dirumah, saya memang tidak ikut bermalam di padhepokan itu. Satu lagi pertanyaan yang mengganjal, dimana si Kyai Slamet saat itu?

Acara makrab blogger Timur Tengah ini dipuncaki dengan mengunjungi Goa Seplawan, yang terletak nun jauh di atas bukit sana. Kembali keakraban insan-insan blogger yang sebagian baru pertamakali bertemu ini sangat terasa. Segala atribut blogger dilepaskan, kembali mereka menjadi manusia-manusia seutuhnya menikmati keindahan panorama dan segarnya udara pegunungan. Lagi terbersit pertanyaan, sedang apa Kyai Slamet saat ini?


Usut punya usut akhirnya terpecahkan juga tentang misteri keberadaan Kyai Slamet tatkala blogger-blogger Timur Tengah tadi sedang berbagi keakraban. Beliau yang menggagas acara ini sedang duduk termenung dikursi rumahnya sambil sesekali membetulkan sarung yang melorot. Dari sela-sela jemari tangan kirinya terselip rokok tinggal separuh yang sisanya sudah dia simpan ke dalam paru-paru tuanya, tangan kanannya memegang sepidol merah besar, rupanya beliau baru saja melingkari tanggal pada kalender menghitung sisa-sisa 40 hari penderitaan batinnya.

Semoga acara-acara keakraban seperti ini bakal terus ada, hal ini untuk menghindarkan pengekslusifan antar komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia. Akan sangat indah dipandang dan sejuk dirasa apabila bukan sifat kompetitif yang negatif yang muncul antara komunitas blogger yang satu dengan yang lain, melainkan semangat persaudaraan dan keakraban yang harmonis.



# Guneman diatas sebagian besar adalah benar adanya, namun ada beberapa yang sengaja ditambahkan untuk pemanis cerita.

54 comments:

Tukang Nulis said...

Rupa"nya gak ikutan nginep,,

Weh mobile sopo kui melu kepotret ??

IKHSAN said...

rupanya lagi sibuk2nya berkoalisi ya...he...

suryaden said...

aku ngerti mas kok orawani nginep...
nanti ada yang nyusul ya, lah pamitnya ke goa seprawan..., pikiran yang dipamitin kan ngeri banget...jangan-jangan...waduh,
goa seprawan....hehehe...sang nyamun di goa seprawan...bisa geger ini blogokelir semua...

marsudiyanto said...

Saya mau ngomentari foto makan bersama itu.
Sangat jelas ada KESEIMBANGAN DUNIA…
Orangnya ada 6, yang 3 kurus yang 3 ndemenakke, lemu, seger…
Sing gering: Pak Sawali, Mas Andy & Tukang Nggunem.
Dua wakil dari Jawa Timur jan seger lemu, Mantan Kyai & Mas Novi. Nek sing nduwe omah jelas lemu. Kalau saya ada di situ yang kurus tambah satu.
Lalu saya jadi berpikir, benarkah Jatim lebih makmur dibanding Jateng?

marsudiyanto said...

nambah komentar:
Ini tentang foto lesehan ngedepi leptop.
Terjadi KESEIMBANGAN yang kedua…
Yang tiga cengengas-cengenges, mulai Mas Andy, Mantan Kyai sampai Pak Sawali… Sementara yang tiga lagi luar biasa serius, yaitu Tukang Nggunem, Mas Totok dan Mas Novi.
Ada apa gerangan kok bisa adil begitu?
Kok bisa pas ya…

marsudiyanto said...

Maneh Ah...
Sing awake gering, nggo malsu bobote nek ditimbang, disiasati dengan memanjangkan rambutnya alias gondrongisasi alias reboisasi.
Akale pinter…
Lihatlah Pak Sawali, Mas Andy dan Tukang Nggunem…
Gondrong2…

Dony Alfan said...

Komentare Pak Marsudi kok podo karo neng blog-e kang Totok?
Evo ijo-ne nyolong fokus, nda. Mending di-desatured wae. Kok malah dadi ngomentari foto :D
Lalu di manakah Dony Alfan kala itu? Yang jelas dia tidak sedang 'puasa' 40 hari

genthokelir said...

Terima kasih sahabat telah berkenan datang kebilik rumah kami semakin membesarkan hati saya yang mengkerut
kedatangan berikutnya tetap saya tunggu
salam

Andy MSE said...

oooo... aku kira malam itu sampean merapatkan selimut adinda, kekekekek...
*sebetulnya, saya juga bertanya-tanya, selain kyai slamet, dimana dony alfan berada???

Andy MSE said...

bagaimana kalau dony alfan di-desatured aja???

Haris Firdaus said...

pergulanmu saiki melintas batas je. kok kw ra crita nek si dee yo melu?he2.

marsudiyanto said...

Fotone podo, komentare yo podo. Nek rak podo mengko aku ketok nek mencla-mencle...
Salam buat Tukang Nggunem & Mas Totok. Ngafdruke foto kok rukun, barengan...

Andri said...

Njul..Kowe kuwi jane wis lulus kuliah durung to?Jo kakean dolan..Sinau sing sregep yo. :D

Cebong Ipiet said...

pengeeeeeeeeeeeeeeen melu......haha
g mbayangne ketemu dirimu

afie said...

asyik tenan tempate...

ala said...

foto paling atas keren, nda...

endar fitrianto said...

apik tenan, dadi pengen melu.

Tukang Nggunem him self said...

@ Pak Andy MSE :
Setubuh pak, Dony cen tipis kekancane..alasane ono wae...

@ Haris :
Selembar gambar sudah mewakili sejuta kata kan...hehehe

@ Pak MAr :
Lha iyo sama Pak, lha wong saya nitip afdruk sama pak Totok e..hehehe

@ Andri :
Siyall kowe Dok...siapp gek tak garap sekripsine...

@ Cebongipiet :
Ojo mbayangke sik, nikmatnya gak bisa sekedar dibayangkan...halah...

@ Afie :
Sumpah bro nyat keren tenan panggonane..

@ Ala :
Agak narsis dikit poto yang paling atas...hehehe

@ Endar :
Akan ada kloter selanjutnya...monggo bergabung...

kyai slamet said...

pak marsudiyanto pas komen disini pasti sambil mbuka gungungkelir.com terus dikopi paste komennya... :D
ah sekarang kan pasar tradisional sudah tergeser oleh SWALAYAN :D

annosmile said...

pengen ikutan mas..
hehehe..
asyik banget kopdarnya

ressay said...

ngiri aku, dadi pingin melu.

cerita senja said...

we lhadalah, dolandolan wae mase siji iki.
piye sekripsi?

*fokus winda..fokus. iki lagi do ngomongke poto. jo ngomong skripsi*

hihihihihi

junjungpurba said...

wah pingin ngerasain ngeblog rame2 rasanya kayak apa ya....hmmm...

bias said...

kok potone nduwur dhewe sing tengen sajak kemaken banget ya, huakakakakaka :D

saktipaijo said...

matur nuwun mas...kapan kapan nginep lg di bangun penginapan di atas mas...free special u sampean dkk...ok?

ndop said...

wow, masih pakek pop up ya bos... hehehe... ndak papa, pop up comment ini memurahkan yang ngeblog pakek HP operamini hehehe...

wah, kapan-kapan aku melu....

Mufti AM said...

Tak kira gunung kelir yang di Yogya. Bukan to...

Ardy Pratama said...

waaahh... pasti rame banget nih... pngeeeeennnn...

Judith said...

Wah moco komen neng nduwur wae aku wes ngakak :D lha artikel kopdaran gini seng aku seneng moco nyambi nyawang2 poto he he ... Blogger Solo makin rame ya Git.. nek blogger Jatim aku dhurung pati mudeng wong2 e...*yg jelas wong asli, dhudu boneka*

Good luck selalu ya Git, salam nggo calonmu :)

gajah_pesing said...

ket wingi aku kok gak iso komen neng kene to..?
pokok'e sesion kedua neng gunungkelir kudu budal

belongs2eti said...

arep komen photo ae.

sing paling nduwur. Jan ning kono, sampeyan mirip koyo kancaku jee, Aprih jenenge. mbuh saiki kabare piye, wis manak pinak yak'e hehehe

kok iso mirip yaks..

sawali tuhusetya said...

sebuah pertemuan sekaligus pertemanan yang indah dan mengharukan, mas sigid, hehehe ... tak disangka, pesona g kelir ternyata benar2 mampu menghubungkan bloger tengah dan timur di suatu tempat. saya sepakat dg mas sigid, pertemuan itu tdk memiliki tendensi apa pun, kecuali semangat utk membangun silaturahmi. itu saja. semoga mas kyai slamet bisa juga hadir di waktu yang lain.

mascayo said...

blogger timur blogger tengah, blogger timur tengah. lha kalo saya dari barat ikutan jadi apa tho?
*kesengsem pengen ikutan

novi said...

syukur tukang gunem datang. bagai pelepas dahaga ditengah gurun. tanpamu gak bakal ada foto-foto bagus yang aku dapatkan...

zee said...

Goa nya serem jg ya klo dilihat dari fotonya. Tadinya saya kira mau bilang kalo Kyai Slamet lg semedi di goa itu, ternyata salah toh kekekeke...

soulharmony said...

Undangan untuk rekan2 blogger. KalSel punya event besar ARUH BLOGGER 2009 akses di (http://aruhblogger.com). sampaikan kepada rekan2 blogger lainnya

thanks

chandra
CP : 05117718393, 05119044028, 085251534313, 081952954056

pakdejack said...

saya ini dari dulu pgn kopdar, tapi sampek sekarang gak pernah keturutan..oaalah yo we,,sabar wae...

Ngatini said...

senangnya...

masiqbal said...

weh asik kui, bisa jalan2... lokasine nang ndi kui njul? kota ngendi?

TUKANG ARSIP said...

wah enak e ....jln2 toh

lovelydee said...

sing dhuwur dewe sing motret aku.... Hehehe... Makane keren...

suwung said...

potone podho karo ngone pak sawali... wakakakkaka

xitalho said...

Akrab.... mergo sing kumpul blogger, jal nek sing kumpul gerilyawan palestin, mbek.. tentara israel ..mesti gelut antem-anteman...

nakuragen said...

Weh... jenengan udah pagerank 4 ya...

ia.. mas pagerank urusan belakangan, ngeblog ya ngeblog gt ya :D tapi kan usaha jg mas .. ekkekekek

Frenavit Putra said...

InsyaAlloh nanti saya akan ikut datang ke Gunung Kelir bersama jamaah Blogger Jawi wetan yang laen saat Ziarah wali blogger... Do'akan...

Tembahan : Itu Mas Mantan Kyai Kaoznya kox pancet terus ya??? Gak bawa kaoz lain ta??? hehehehe

Rie Rie said...

Lhah ngiri deh aq. Abis ini bisa ngeblog juga sedikit kesempatan aja, maklum babu ngeblog gitu lho, khan ga banyak waktu. Nah trus kalo dah pulang Indonesa trus jadi apa blogku ya..hiks...
Paling ga terawat blass, duwitnya di pakek beli beras ma minyak goreng ma simbok , hiks...

Nyante Aza Lae said...

salam aja deh buat mbak "ngatini"...wkwkwkwkw

nova said...

mantab
sukses dikomunitasnya yo
:)

ciwir said...

mantapp....
para jawara-jawara sedang berkumpul..
tapi wajar mas sampeyan ra melu, wong jenenge wae tukang nggunem, dadi tugase mung nggunemi alias melaporkan. koyo wartawan wae....

googler said...

biduoshao
zanghua650
hongyan7530
yueguangshi
yuchangjian

Online shopping books, electronics, cameras, cellphones, video games. Free shipping available said...

makin sukses buat master2 blogger...

Iklan gratis tanpa daftar said...

Wah seru juga yah acaranya,,,, ditempat ane blon pernah ada temu kangen blogger,,, hehe,,, bloggernya aza mash dkit bgt,,,,

Free SMS Gratis Ke semua operator said...

Oke mas mas yang ada di foto,,, moga tambah sukses ya,,,

Cara Mengobati Diabetes Melitus said...

nice post :)

 
;