16 July 2008

Tips Merawat Kaos Agar Awet

Saya yakin banget kalo para blogger sekalian punya koleksi kaos di lemari pakaiannya. Kayaknya gak mungkin banget gitu lho kalo gak punya kaos pada jaman sekarang. Saya termasuk salah satu yang seneng banget pake kaos kemana-mana. Selain blom ada tuntutan untuk berkemeja, memakai kaos menurut saya sangat menyenangkan, lagian anakmuda gitu lho, masak kemana-mana pake kemeja...maap2 aje ni ya, bukan maksud mendiskrditkan kaum tua,hehehehe...

Ini beberapa tips yang saya peroleh dari majalah tentang bagaimana merawat kaos koleksi kita agar tetep asik dan nyaman dipakai.


  1. Jangan direndam terlalu lama

Ya saya maklum banget kalo mencuci itu kegiatan paling bikin males. Tapi usahakan

merendam kaos tidak lebih dari 1 jam untuk kaos yang udah lama, sedangkan kaos baru malah tidak boleh lebih dari 30 menit. Katanya sih deterjen bisa menyebabkan sablon pada kaos kesayangan kita cepet rusak.

  1. Pisahkan saat dicuci

Maksudnya pisahkan antara kaos yang berwarna kuat(hitam,merah,biru,ijo) dengan bahan lain yang berwarna putih. Ya jaga-jaga aja siapa tau ada yang luntur. Pisahkan juga kaos yang sangat kotor(yang habis buat ngepel lantai misalnya) dengan yang kurang kotor, karena kalo di campur nanti bakalan cuma transfer kotoran aja.

  1. Jangan disikat

Maksudnya kaos jemuran milik tetangga jangan disikat,hehehe...gak ding, gini lho...kalo pas nyuci kaos kita sikat terlalu keras, maka bisa ngerusak sablon pada kaos kita. Juga hindari kucekan dan perasan yang terlalu kuat karena dapat merusak pori-pori baju.

  1. Jemur terbalik

Sinar matahari dapat mengakibatkan warna kaos dan sablon anda memudar. Makanya dibalik dulu kalo mau jemur.

  1. Jangan digantung

Jangan digantung pake hanger, karena bisa bikin leher kaos kita melar.

  1. Hindari pemutih

Pemutih pakaian mengandung zat kimia yang sangat kuat, yang bisa menyebabkan sablon menjadi luntur dan terkelupas.

Pemutih pakaian juga bisa bikin kaos jadi cepat tipis dan kasar.


  1. Hindari mencuci dengan mesin cuci

Sebaiknya cuci kaos secara manual/pake tangan. Karena mesin cuci bisa bikin kaos jadi melar, sablon cepat rusak, dan pori-pori kasar. Hal ini dikarenakan saat berputar kaos akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.


  1. Setrika

Agar awet selalu setrika kaos setelah dicuci dan dijemur. Juga pastikan kaos disetrika pada keadaan kering.

  1. Kaos Keren bukan untuk tidur

Agar awet, jangan pake kaos kesayangan anda untuk tidur, hal ini karena sadr atau tidak kita berkeringat saat sedang tidur, nah keringet ini bisa bikin kaos kita cepet kotor dibagian leher.

  1. Pakailah seperlunya

Pakailah kaos kesayangan anda yang paling keren seperlunya, sayang kan kalo kaos kesayangan kita cepet rusak gara-gara keseringan dipakai....


Itulah beberapa tips tentang perawatan kaos. Semoga bermanfaat bagi para blogger sekalian. Tapi nyante aja, gak usah ngiskutin tips itu juga gak masalah, wong harga kaos juga murah-murah kok sekarang...jadi kalo kaos kita cepet rusak ya beli lagi....gitu aja kok repot.

Sumber : majalah arafah
ilustrasi gambar : anak muda masa kini dengan kaos yang bikin mereka tambah kereeennn

13 comments:

pcsolotto said...

For us when we visit some blog site our main objective is to ensure that we will be entertained with this blog.

Taktiku said...

Bagus tipsnya nih.. cobain ah..

ngatini said...

"ilustrasi gambar : anak muda masa kini dengan kaos yang bikin mereka tambah kereeennn"

Hellooooooo....!!!!situ emangnya keren??? ngaku2 'masa kini' pulak...
idih..
yang keren itu anak muda yang fotonya dipotong...kampret!

Anang said...

makasi tipsnya bro. akan ak prakteqin

geLLy said...

makasih tuk infonya

kayaknya joeLL dach mulai sadar kih... Heee :D

Anang said...

gpp mas... masiya jaket ya lek ngumbah kudu manut aturan ben awet

heRRu said...

kalo pengen awet ya jangan dipake mas, dipajang saja hehehehe

suarahimsa said...

sebenarnya dengan memakai kaos oblong, kita bisa memanifestasikan ide kita melalui desain yang sesuai dengan karakter kita. tapi sayangnya, selera kita diseragamkan oleh munculnya industri clothing yang disebut distro..apakah dengan mengkonsumsi kaos distro, kita merasa independent?ah...sebenarnya tren kaos oblong tu udah muncul lama sekali, mulai taon 60 an udah muncul berbagai kaos band klasik. sekarangpun kaos band juga menjadi sangat keren bila kita pakai. Mari merawat sarana "manifestasi ide" kita....(ah,ngga usah disikapi serius teman2, ini celoteh ngawur saya kok....)

Kickoff Newsletter said...

Thanks for your tips, its helpfull...

Oeoes said...

ternyata rumit juga ya!!!!

lovelydee said...

halah tipsnya itu udah sering aq bilang ke kamu... hahaha, syukur klo dah menyadari.. ;p

jakartamu.com said...

Mas, saya mohon izin mengambil tips ini untuk pelanggan saya. Sumber saya sertakan. Terimakasih.

baju bali said...

boleh juga nih tipsnya, sederhana tapi kalo dipraktekkan sepertinya bagus

 
;