13 August 2007

Storage Media terbaik ???

Saya punya beberapa pengalaman gak menyenangkan berkaitan dengan alat penyimpan data digital ini. Belum lama ini, flash disk saya tiba-tiba mati tanpa menunjukkan gejala-gejala kematian terlebih dahulu, saya pun tidak mendapat firasat apa-apa menjelang kematiannya (halah...).

Beberapa bulan sebelumnya malah lebih parah lagi, harddisk komputer saya juga koit. Semua data penting ikut terkubur bersamanya (halahh lagi...). Terakhir saya denger ada servisan komputer yang khusus bisa menyelamatkan data-data pada harddisk rusak/mati. Secercah harapan pun muncul kembali. Dengan harapan mendapatkan kembali data-data dan karya foto saya yang hilang, segera saya ambil bangkai harddisk saya dari tempatnya diotopsi. Semoga yang dikatakan di iklan itu benar. Saya sangat kehilangan data-data penting di dalam harddisk saya itu, yang gobloknya tidak ada satupun yang saya backup. Dari mulai tugas-tugas kuliah sampai karya-karya foto saya semuanya ada di situ. Kini meski sudah punya harddisk baru yang kapasitasnya 2 kali harddisk lama saya, saya masih sering merasa kehilangan harddisk lama saya, belum ada yang mampu menggantikannya di hatiku, apa-apaan sih ini.....hahaha....

Kembali ke masalah storage media. Sejak awal ada Cakram Digital atau CD, saya sudah menaruh harapan besar pada benda satu ini. Tapi ternyata juga tidak bisa di andalkan. Mudah berjamur dan tergores membuat CD ini gak sempurna lagi waktu mau di puter.
Kini saya udah kehilangan asa akan storage media yang aman. Coba saya sebutkan beberapa jenis storage media yang pernah mengecewaan saya, kalau ada yang terlewat tolong ingatkan saya, saya pernah dikecewakan oleh disket, CD, Flashdisk, Harddisk, MMC.

Saya menunggu sebuah saran akan sebuah media penyimpanan digital yang teraman dan tahan lama, seumur hidup kalau bisa.

4 comments:

Vie said...

Apa ya? *mikir neh*.
Let me think.....!

JiE said...

Nothing lasts forever .. :)
Tapi menurutku sih paling aman kombinasi HD + DVD, HD sebagai primary dan DVD sbg backupnya. Pake DVD yg kualitas bagus tentunya.

Dony Alfan said...

Waduh, iku koleksi video-mu sing cihuy2 yo melu ilang no. Sayang sekali, gek ndang golek maneh ya boy!!!
Lapto-mu isih waras tho? Yo ndang gawe proposal skripsi, ndak selak nglumut neng kampus!

Anonymous said...

mbok yo sampeyan make eksternal HD.
tapi ojo sing HD+casing, soale gampang rontok !.

make yang beneran HD portable ae, cari aja yang shock resistan, udah banyak kok sing jual.

 
;